Shumai Ayam – Akhirnya Berhasil Bikin Sendiri

Ceritanya, sudah sejak dahulu kala saya pengen banget praktekin bikin shumai sendiri. Kalo lihat video-video di yutub sepertinya gampil banget “Ah aku mesti iso iki” batinku sombong. Dan lagi yang membuat saya penasaran itu adalah bahannya yang so simpel tapi rasanya bisa huenaak banget.

Nah akhirnya di suatu hari, serpihan niat itu terkumpul, pas duwitnya juga ngumpul sih hehehe. Jadi pagi-pagi saya berangkat ke pasar, beli tepung sagu, minyak wijen, lada bubuk, bubuk kaldu, kecap asin dan saos sambal untuk cocolan. Daging ayam, wortel dan daun bawang beli di pak sayur langganan yang mangkal di komplek perumahan. Oiya, kulit somay/dimsumnya beli di online shop lewat shop**e. Praktis, free ongkir lagi.

Percobaan pertama : Deg-degan soale wis beli bahan mahal-mahal tapi nek jadinya ora enak kan rugi bandar. Setiap bahan tak ukur bener-bener. Pokoknya nurut resep lah. Finally, eng ing eng, belum pas rasanya. Lesson learn nya (jieeh lesson learn 😆) kalo masak kuwi gimana-gimana ya kudu di incip. Jangan kaya robot cuma cemplang-cemplung nuruti resep yang tertulis. Kesimpulannya kebanyakan tepung sagu. Rasanya jadi tidak istimewah. Tapi tetap habis tak bersisa ðŸĪŠ

Percobaan kedua : sukses, menurut lidahku. Ora kakean tepung. Wis istimewah, jaaan rasane kroso banget ayam-e. Percobaan ketiga, keempat dst berturut-turut setiap hari bikin sampe stock kulit shumainya habis. Aku udah ga lihat resep lagi, pokok e pede cemplang cemplung nuruti rasa dan yang penting adonannya di incipi sebelum di bungkus kulit. Balapan makan karo pak suami. Anak-anak yang pas pecobaan pertama cuma makan dikit, sekarang melu balapan ngentekno. Hatiku gembira. Jebule yo iso bikin shumai dewe. Nah itu makannya sambil dicocol ke dalam saos sambal. Wuiiih mantep.

Nah, begitulah pengalamanku bikin shumai sendiri. Ga sesusah perkiraanku, engko piye ya klo jadinya keras, engko piye ya klo isinya bubar jalan dari kulitnya pas dikukus, engko piye ya kalo wis tuku bahan larang tapi ora dadi, dan engko piye, engko piye yang lain. Syukur kekhawatiran itu tidak terjadi. Memang sesuatu itu kudu dijajal ya alias harus dicoba. Ora perlu khawatir berlebihan, membatasi kreatifitas jarene para motivator.

Sekian, buat kalian yang pengen coba juga wis langsung mancal sepeda ndang budal pasar ora usah kakean mikir. Ini tak kasih gambar ben kepengen hahaha.

My husband is Chinese so I eat a lot of food like this.Pork and Shrimp Shumai (Shao Mai)_dim sum_China Food Menu - best chinese food and chinese recipes Chinese Dishes Recipes, Asian Recipes, Asian Foods, Filipino Recipes, Steamed Shrimp, Shrimp Wonton, Best Chinese Food, Traditional Chinese Food, Healthy Chinese

credit picture : sogoodblog.com

–Ta–

7 responses to “Shumai Ayam – Akhirnya Berhasil Bikin Sendiri”

  1. Wah kayaknya seru, Mbak. Di akhir, tak kira bakal lihat foto aslinya hehehe….

    Like

    1. nah itu lemahnya aku, udah habis dimakan baru inget belum difoto 😅😅

      Liked by 1 person

  2. Wuess…apik iki….Basane campoer campoer…..Ning tak bayangin, dimsum kloter terakhir tadi jiannn enakk yo……😁😁

    Like

    1. ðŸĪĢ apiik lah, tau artinya kagak lu?

      Like

      1. Nggih ngertos to mbak yu….mpun santeee mawon….mudeng wes.😁😁

        Liked by 1 person

  3. […] Baca juga : bikin shumai ayam sendiri yuk […]

    Like

Leave a comment