Uncategorized

Borobudur – Kemegahan Kebanggaan Bangsa

Di posting sebelumnya saya menulis mengenai perjalanan ke provinsi Jawa Tengah tepatnya di kota Purwokerto. Perjalanan yang meninggalkan kesan dan kenangan akan Baturaden.

Green Valley Resort – Satu Malam Yang Tak Terlupakan

Sepulangnya dari purwokerto, saya ‘terpanggil’ untuk menuju magelang melihat Borobudur. Candi Termegah yang masuk daftar Situs Warisan Dunia tsb. Saya sebagai anak bangsa belum sekalipun kesana. *malu.

Perjalanan yang kami tempuh penuh dengan kenangan, membawa dua balita merupakan keseruan tersendiri. Sering berhenti untuk pipis ato pup di SPBU atau beli cemilan di minimart –hehehe klo yang ini sih yang gede pun iya-

After 4 hours here we are. Borobudur adalah sebuah candi Budha peninggalan Wangsa Syailendra yang memiliki koleksi relief budha terbanyak dan terlengkap di dunia. Wow sekali. I feel great to see it with my own eyes. Standing in front of the candi that known as the one of world heritage site.

in front of
wow kan?!
at stair
Naik naik ke puncak stupa… serrruuuu!!
at the highest
Alhamdulilah. We are on the top

Here we are sodara-sodara setanah air sebangsa dan sealiran. Berhasil berdiri di puncak tertinggi stupa Borobudur adalah sebuah pencapaian sekaligus kegemporan hahaha. Yup mamak-mamak kece seperti saya (dilarang protes!!) bertiga dengan piyik-piyik lucu ini menaiki tangga demi tangga dengan diiringi doa, terkadang sambil nggendong si kakak dan seringnya si adek. Bener-bener dah.

Baca juga cerita kami di Ranu Klakah Lumajang

Puas memandangi siluet Gunung Sumbing dari puncak borobudur dan jeprat jepret sembari mengatur nafas hehehe kami turun kembali. Melewati para penjaja souvenir dan makanan kami menuju pintu keluar. Anak-anak membawa buah tangan masing-masing sebuah mainan payung terjun.

IMG_0314

(Bye Borobudur see you when i see you – Gendis)

 

–Ta–

 

Advertisements
Uncategorized

Gendis Turning 8

Awal bulan Gendis ultah. Udah jadi gadis. Kali ini ga ada permintaan perayaan dengan tema princess-princess-an. Syukur alhamdulilah, karena tema-tema begitu jatuhnya lebih mehong kan bu, rasa kuenya juga ga enak-enak amat –mami perhitungan–.

Tahun ini diperingati berempat saja. Mami cuma masak mie goreng sukaan orang serumah. Pelambang panjang umur. Doa kami adalah semoga mbak Gendis selalu bahagia.

Jadi gini, hari itu hari minggu. Gendis yang baru bangun tidur trus turun dari kamar dan langsung duduk di belakang whiteboard nya. Menggambar. Mami, ayah dan adik bisik-bisik susun rencana ” ssst, sssttt, blaa, blaa. Kemudian berjalan pelan, berhenti tepat dibelakang si mbak yang lagi nggambar. Dan kami mulai bernyanyi :

Happy birthday to you

happy birthday to you

happy birthday, happy birthday…..

happy birthday Gendis.

Gendis yang tidak menyangka, langsung balik badan dan senyum datar… Dia itu emang beda sama Ranu yang lebih ekspresif. Gendis ‘lebih’ kalem mengekspresikan perasaannya. Kami memeluk Gendis bergantian, setelah dia meniup lilin di atas kue tart nya yang mami beli semalam sebelumnya dan tanpa custom design. Dan mami yang paling terharu, bukan saja karena mami yang dapet pelukan pertama kali tapi karena mami emang cengeng. Gampang terharu.

Sekali lagi selamat ulang tahun ya Gendis. Cuma satu pesan mami, don’t be rush to turn 9 yaaaa. Hihihihi. Muaah.

WhatsApp Image 2017-12-08 at 10.39.59

Uncategorized

Libur T’lah Tiba…. Liburan Kemana Kita??

Penghujung tahun. Dua ribu tujuh belas tinggal dua minggu lagi nih. Hawa-hawa party old and new udah terasa ya. Ditambah lagi liburan sekolah yang sudah dimulai minggu ini. Hotel-hotel sudah gencar promo-in acara pergantian tahun. Beberapa tempat wisata juga sengaja menarik pelancong dengan promo-promo.

So guys sudah memutuskan mau pergi kemana liburan kali ini?? Kalo belum, saya ada beberapa alternatif  tempat liburan yang cocok untuk keluarga nih. Simak yak.

  1. Kita mulai dari dalam kota dulu, Kalian yang tinggal di kota Surabaya yang berhawa tropis ini akan berkesempatan merasakan dinginnya salju. Koq bisa? Hehehe bisa dong, karena di Grand City Mall ada acara ini . Catat tanggal and let’s feel the breeze.grandcity-28112017
  2. Masih di dalam kota nih traveller, sudah dengar ATLANTIS LAND? Itu adalah sebuah wahana bermain  termasuk didalamnya sebuat waterpark yang cocok sekali untuk getaway liburan sekolah, di daerah kenjeran. Tepatnya di Kenpark Baru.WhatsApp Image 2017-12-16 at 09.02.56.jpeg Katanya sih Atlantis Land ini menyebut dirinya sebagai Disneyland nya Indonesia. Manfaatkan masa liburan ini dengan datang di soft openingnya pada tanggal 23 desember 2017 besok. berikut HTM nya 100rb (weekdays) dan 125rb pada weekends. Untuk yang mau ekonomis lagi datang aja tanggal 20 desember membeli tiket untuk tanggal 23 karena diskonnya lumayan banget guys, Hanya dengan 75rb saja itu sudah termasuk free makan dan minum loh. Yuuk tunggu apalagi go grab the ticket, tapiiii hati-hati ya karena pastinya antrian membludak.
  3. Yuuk sekarang kita ke kota Malang, Kota di jawa timur yang sangat populer ini tidak pernah istirahat untuk terus menyuguhkan hal baru bagi penikmat travelling. Liburan tahun ini sebuah wahana baru resmi di buka. Yup betul sekali Jatim Park 3. Bagi penyuka Dinosaurus bisa coba masuk di Dino Park yang selama soft opening ini HTM nya ‘hanya’ 100rb saja dengan jam operasional mulai jam 11.00-17.30.
    the-rimba-jatim-park-3-batu.jpg
    Salah satu wahana di Dino Park (credit pic. FB Suzan Nita)

    Kesana yuuk liburan ini supaya ga penasaran. Denger-denger tarif soft opening nya terakhir tanggal 23 desember loh. Setelah itu berlaku tarif normal.

  4. Dan yang terakhir ini adalah salah satu favorit saya dan anak-anak. Saya ingat pertama kali kesana anak-anak langsung jatuh cinta dan merayu ayahnya untuk pindah rumah dekat situ. Hihihih. Yes tidak lain dan tidak bukan adalah HAWAI WATERPARK MALANG. Inget tanggalnya ya dan manfaatkan liburan kali ini dengan bermain ombak dan salju bersama keluarga tercinta. Selamat berlibur sampai jumpa di tahu 2018. Sehat dan sukses untuk kita semua.

            AP-Malang-Snow-Paradise-MLG-Copy

Uncategorized

Sekolah Bagus, Yang Gimana sih?

Hi parents

Sebentar lagi tahun ajaran baru lagi ya. Cepet amat sih. Sebagian orang tua mungkin sudah mantap menentukan sekolah mana yang akan dituju dan sebagian lagi mungkin sedang galau cari info sana-sini untuk memantapkan pilihan, dan sebagian mungkin malah belum kepikiran. “Tunggu entar ajah lah” hehehe.

Memilih sekolah untuk anak merupakan keputusan serius, Karena sebagai “rumah” kedua untuk anak-anak belajar sekolah harus bisa sejalan dalam visi keluarga mendidik anak-anak. Setidaknya bagi saya dan juga buat parents diluar sana tentunya.

Dua tahun lalu saya melewati proses mikir-mikir, timbang-timbang, tanya-jawab sana-sini saat memilih sekolah untuk anak saya yang pertama. Terhitung setengah tahun sebelum dimulainya tahun ajaran baru saya sudah mulai serius menyeleksi dan mencari tahu beberapa sekolah dasar. Lebay, maklum anak pertama, dan saya belum punya pengalaman memilih sekolah sebelumnya dan lagi saya baru saja pindah di kota ini.

Harapan saya “tidak salah pilih” sekolah, tempat dimana anak saya nanti melewati enam tahun pertama pendidikan dasarnya. Picky? of course.

Tahun depan giliran anak saya yang kedua akan masuk SD, lebih santai. Karena saya sudah punya sedikit pengalaman memilih sekolah untuk mbakyunya. Sekolahin jadi satu aja sama kakaknya. Sekalian anter jemputnya. Hahaha. Eiiitss… Saya harap kita orang tua ga mikir sesimpel itu ya. *walaupun sah-sah saja klo itu salah satu pertimbangannya.

Tapi yang juga jadi pertimbangan (utama) adalah apakah klo si kakak cocok sekolah disitu si adek juga akan cocok. Kan kakak adek ga selalu sama karakter dan kebutuhannya,  baca disini yuk, supaya sama-sama belajar.

Lalu pertanyaannya adalah, sekolah yang bagus itu gimana sih?

Abstrak banget memang, karena bagus itu sangat relatif sifatnya. Bagus buat saya, belum tentu bagus buat orang lain. Definisi sekolah bagus memang kemudian akan mengalihkan pada pertanyaan berikutnya, bagaimana cara memilih sekolah yang bagus?

Sekadar berbagi, berdasarkan pengalaman saya, pertama yang harus dipahami orang tua adalah, karakter anak. Dari situ kita bisa mengetahui apa yang dibutuhkan anak kita. Nah setelah itu kita mulai mencari tahu mengenai sekolah-sekolah yang cocok dengan kebutuhan anak sesuai karakternya dan tentunya mengembangkan potensi anak-anak, jangan sampai yang menurut kita baik malah menjadi sumber stress bagi anak-anak.

Secara umum beginilah kualitas sekolah yang baik itu:

  1. Memperhatikan kebutuhan psikologis mendasar anak dan memperhatikan tahapan perkembangan anak. Contohnya, kebutuhan anak untuk merasa mampu. Apakah sekolah tersebut misalnya memberikan kesempatan bagi anak untuk menampilkan kebiasaannya, atau apakah sekolah memberi kesempatan kepada anak untuk mengikuti kompetisi meskipun ia tidak berprestasi.
  2. Dapat memenuhi kebutuhan unik atau individual anak. Sekolah yang seperti ini biasanya melakukan pembedaan cara pengajaran, misalnya memberikan tugas yang lebih sulit untuk anak yang sudah lebih advanced atau menerangkan dengan menggunakan alat bantu gambar untuk anak yang memiliki gaya belajar visual.
  3. Dapat membantu pencapaian tujuan jangka panjang orangtua untuk anak masing-masing. Artinya sekolah harus memiliki nilai-nilai yang sama dengan orangtua. Misalnya bila orangtua menginginkan anak memiliki kemandirian, apakah sekolah tersebut melakukan hal-hal yang bisa membuat anak mandiri atau selalu membantu anak dalam melakukan segala sesuatu sehingga tidak melatih kemandirian anak. Hal ini bisa dilihat pada saat kunjungan ke sekolah.  Selain berbicara dengan kepala sekolah, sempatkan untuk berbicara dengan guru, murid, atau mungkin orangtua lain yang ada di sekolah.
  4. Sekolah yang memiliki tujuan pendidikan yang sama dengan orangtua. Kembali lagi lihat visi dan misi sekolah. Apakah sekolah tersebut bertujuan menciptakan anak-anak dengan nilai tes yang bagus atau membentuk anak-anak yang memiliki kemampuan belajar (seperti kemampuan analisa, riset, penyelesaian masalah) sehingga dapat menjadi pembelajar mandiri.

And last but not least pertimbangan biaya tentunya juga dipikirkan. Berapa biaya masuknya, dan berapa biaya perbulannya. Dan biaya segitu sudah mencakup apa saja. Okay parents selamat hunting sekolah yaaa.

photo credit : beberapa contoh kegiatan di sekolah Mbak Gendis 

 

Uncategorized

Happy Birthday Ranu

Hip-hip hooray Anak Telor ulang tahun. Itu panggilan gemes mami klo lagi nguwel-nguwel doi hahaha. Nanu suka banget makan telor. Gampang banget ini bocah. Pengertian, emaknya ga pinter (baca: males) masak. Hahaha. Menunya standart emak-emak (sok) sibuk. 6 oct kmrn doi turning 6 (mending telat, daripada telat banget wkwkwk) Udah gede, udah pinter baca, makin kritis (makin gede makin menjadi-jadi) “Karena mau kelas 1” katanya. Hihihi.

Itu kalo lihatin foto-fotonya doi, si emak ini suka ngerasa pilu bin ngilu. Cepet banget gedenya ya. Masih inget bener pas baru ngelahirin dia. Badannya kecil (yah iyalah emang anak gajah lgsg gede), kepala dan matanya gede. Sempat kelintas koq anakku kaya alien ya. Ehhh… lah dalah makin gede makin lucu makin ganteng. Bulu matanya kece, senyumnya merontokkan hati. Genetik emang ga pernah keliru koq (tepok dada lanjut batuk2.. uhuk-uhuk) Emak-emak klo muji anaknya ga tanggung-tanggung yak. Hahaha.

Met ulang tahun ya Nanu… best wishes mami untuk ranu sekarang dan masa yang akan datang. Cuma satu pesen mami, “Jangan buru-buru 7 ya Nak”!

Uncategorized

Drama Anak Manusia

Hulaa, Gimana kabar barisan patah hati?? Sudahkah ikhlas? Hahaha. *evil mode-on. Ijinkan saya terbahak sejenak. Andai itu terjadi 10 tahun lalu mungkin saya juga termasuk dalam barisan itu. wekekek..

Beberapa hari menjelang helatan akbar pernikahan Raisha-Hamish semua berita online memuat berita seputar anak manusia yang membuat para follower patah hati, sesak napas lanjut pengsan.

Wahai para sakit hati rapatkan barisanmu, kenanglah. Ada saat nanti kau akan terbahak mengingat semua ini. Masih ada kimberly ryder, chelsea islan ato tatjana saphira, ato ayu ting-ting. *yang terakhir sapa sih? wkwkwk. Mari sekuel-kan patah hati nasional ini.

th (2)