Masak Ga Masak Asal Makan

Ga masak gapapa, yang penting makan

WhatsApp status salah satu teman di suatu pagi. Saya spontan me-reply “Mantaff” dengan emoticon tertawa lebar. Kala itu saya membayangkan dia sedang berpacu mengejar waktu, mengantar anak ke sekolah kemudian langsung bergegas ke terminal bus untuk berangkat kerja. Rutinitas yang menuntut ketepatan manajemen waktu yang saya artikan dia tidak sempat memasak untuk sarapan.

“Belajar masak dong mulai sekarang, masa iya besok kalo nikah mau beli mulu”

Lain situasi, kala itu seorang teman (yang lain) menyarankan saya untuk belajar masak. Apakah akhirnya saya belajar? oh tentu tidak hahaha. Kala itu, sebagai single metropolitan yang waktu dirumahnya cuma mampir mandi dan tidur, keahlian memasak lebih dari mie instan ala warkop, saya rasa belum urgent. hihihi.

“Mom, your cook always the best”.

Itu kata-kata G dan R setelah mereka menyudahi suapan terakhir sepiring pancake selingan di suatu sore. Dengan status sebagai ibu 2 anak dan istri seorang suami, memasak sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Jangankan mie instan ala warkop, brownies pun bisa saya bikin sendiri. Hihihi. Bangga? Biasa aja tuh.

Kita manusia berubah dan berkembang sesuai dengan situasi dan kebutuhan, itu yang dinamakan adaptasi kali ya?!

Apakah saya mati-matian belajar masak setelah menikah? wkwkwk jawabannya tidak adek-adek. Itu terjadi perlahan, alami dan penuh kesadaran. Percaya deh. Sampai akhirnya belajar baking pun itu natural banget. Dari yang ga tau apa-apa sampai akhirnya apa apa tau. Cieee!

Belum bisa masak saat awal menikah gapapa. Asal ada uang supaya tetap bisa makan. *Aamiin. Berumah tangga samawa bukan soal masakan. Memasak adalah kemampuan yang bisa kita pelajari seiring perjalanan pernikahan. Ada hal-hal lain yang jauuuuhh lebih penting. Apa itu? Saya rasa tiap pasangan punya jawaban masing-masing.

Namun apabila ada yang beranggapan kemampuan memasak dalam rangka menghidangkan makanan sehat untuk keluarga adalah hal penting, sampai harus mengikuti kursus memasak menjelang hari H bagaimana? Ya gapapa dong, Setiap orang kan memiliki prioritas berbeda.

Ini tulisan terinspirasi dari status WA dan beberapa undangan khitan (eh koq khitan?!) juga pernikahan yang saya dapat dua bulan terakhir ini. 😀

Oh iya untuk semua newly wed Selamat menempuh hidup baru and welcome to the squad, selamat merasakan pengalaman ber-jet coaster di wahana pernikahan. Santuy! Modalnya cuma satu. KESADARAN UNTUK MAU BERADAPTASI. 😉

 

-Ta-

Image

Baca juga : Masak Apa Hari ini??

 

 

 

Secangkir Kopi Kesayangan

Waktu favorit saya adalah saat pagi hari. Saat saya duduk sendiri di teras belakang rumah dengan secangkir latte merk kesayangan. Pemilihan merk bukan atas dasar exclusive, pricey, atau kekinian, bahkan rasa, Namun karena nostalgia.

Merk inilah yang selalu dibeli ibu saya dulu. Kopi instan dan krimer. Pun, ibu saya memilih karena alasan kepraktisan. Tersedia di koperasi kantor. Hehehe. Jadi begitu saya mendapati merk ini saat belanja bulanan (sekarang ada kemasan praktis tinggal seduh siap dinikmati) rangkaian puzzle nostalgia itu tersusun kembali. Walhasil latte ini selalu ada di keranjang belanjaan saya setiap bulan.

Rutinitas ber kopi-susu di pagi hari ini terkadang ditemani 2 lembar roti tawar bersalut mentega dan meises andalan dari toko bahan kue langganan. atau butter cream homemade yang ternyata mudah dibuat sendiri dengan 2 bahan mentega dan gula halus yang di mixer sampai tercampur rata.

Menikmati itu semua membuat saya bersyukur atas kenangan masa kecil saya, bersyukur atas kehidupan sekarang : anak-anak, suami, keluarga, kesehatan. Dan bersyukur atas kehidupan di masa mendatang.

Kalau kalian, punya waktu favorit ga?

cappuccino-2179028__340

Image by Pixabay

Masak Apa Hari ini??

Itu adalah pertanyaan abadi ibu-ibu setiap pagi. Kadang sudah sampai di depan tukang sayurpun, teka-teki bahan yang bakal di masak untuk disajikan di atas mejapun belum terlintas. Makanya jangan heran kalo niat awalnya belanja sayur pulang-pulang cuma bawa krupuk dan tahu. Ujung2nya beli makanan jadi sepulang jemput sekolah. Pernah kaya gitu? Sering. Hahaha.

Biasanya kalo belanja harian, saya akan minta tolong si mbak yang berangkat. Berbekal catatan yang saya tulis si mbak akan pulang membawa bahan-bahan masakan sesuai list. Hemat dan lebih terarah. Hihihi. Kadang kalo blank, saya ngobrol aja sama si mbak, diskusi, kira-kira hari ini mau masak apa.

Nah ajaib lagi kalo pas ga mood masak. Yang penting stok telur cukup, mie instan oke, sayur sawi ada. Gampil. Jadilah mie godok ala rumahan. Ada yang samaan ga dengan saya?? 😀

Anyway hari ini saya mau masak sop tulang ayam, gorengan chicken finger dan tahu  plus sambal terasi. Anak-anak pulang siang karena hari jumat. Jadi itulah menu makan siang nanti.

soup-1503117_960_720

Kalo ibuk-ibuk masak apa hari ini? Masak apapun pastikan mateng ya. Karena kalo ga mateng, ga masak dong. Hahaha. Basiii.

 

–Ta–

 

Image : soup in bowl

Happy Morning

Hallo Mommies sejagat raya,

Hahaha geernya, seolah2 reader saya sejagat (I wish) 😁. Pagi hari adalah waktu sakral buat mommies sejagat raya ya, baik mami yang ngantor diluar ato mami yang ngantor di dapur 😜 (Siap2 pake kacamata item, mau iris brambang), semua sama. Saya ga mau kepancing berita hot di medsos yang memposting tulisan perseteruan (tanda kutip) antara working mom dan (bukan) working mom. Takut salah nulis. Bukan karena takut di bully sih, karena waktu kuliah dulu saya jago bully, tanya deh adek2 angkatan saya hahaha. Cerita jadul itu, sekarang saya sih ibu yang baik dan istri yang manis😇. Saya takut menyakiti perasaan orang lain (cieee, hati saya mulia sekali). Mami is a mami. Semua sama. Kalo Mami sama Ayah. Itu baru beda. 😋😋

Balik lagi soal pagi hari yaaa. Saat semua anggota keluarga yang lain masih terlelap. Kami para mommies sudah harus bangun dan mulai sibuk siapin ini itu. Betul apa betul??! Syukur kalo ada Asisten 24 jam, mgkn ada beberapa hal yang bisa di handover. Buat yang ga ada asisten ato yang asistennya baru dateng jam berapa gitu, seperti halnya saya, artinya semua harus handle sendiri kan. Bikin sarapan, siapin bekal untuk anak2 dan suami, dll yang kecil2 tapi kalo di kumpulin jadi satu dan harus kelar dalam durasi terbatas, aduhai somehow riweh juga. Selesai? Belum!

Tantangan selanjutnya adalah membangunkan anak-anak untuk mandi. Asli ini seringnya bikin kita para mommies musti sering piknik dan me time #curhat Sebenarnya anak-anak saya termasuk pagi kalo bangun, sekitar jam 530 sampe jam 6an. Dan sekolahnya baru mulai sekitar jam 730an. Jadi ga mepet2 amat waktunya. Tapi perkara mandi ini lain cerita, berhubung ini anak-anak ada dua biji, mereka seringnya rebutan untuk mandi belakangan. Musti ada rayuan gombal dan kadang sisipan gertak untuk membuat mereka berjalan masuk kamar mandi 😂.

Setelah akhirnya mereka mau masuk dan selesai mandi apakah urusan sudah selesai?? Oh jangan keburu duduk di sofa dan ngelurusin kaki dulu karena tantangan berikutnya adalah membuat mereka mentas, alias selesai mandi a.k.a keluar dari kamar mandi. Mommies tau apa? Yup betul bgt. Ini saatnya untuk membawa mainan: robotlah, boneka karet lah, mobil-mobilan lah dan handai taulannya untuk nyemplung ke ember, trus mereka ngoceh dan ketawa berdua. Meriah. Serasa pasar malam pindah ke kamar mandi. saya jadi mikir lha ini cuma dua, pegimane kalo tiga atawa empat ya. Sedap-sedap ngeri. Sedap bikinnya ngeri setelahnya wkwkwk. Salim sama mommies yang anaknya lebih banyak dari saya 🙏 😛😛.

Lega adalah setelah mereka pake seragam dan turun gabung sama bapaknya untuk sarapan. Separuh tantangan hari ini selesai. Setelah salim, peluk, cium dengan ketiganya dan paripurna dengan lambaian tangan didepan pagar. Selesailah tantangan saya pagi ini😄😄. Besok hari saya akan sambut tantangan berikutnya. Semoga saya selalu di beri kesehatan untuk menjawab tantangan esok, dan esoknya sampai pada saat dimana semua akan menjadi cerita. Selamat bekerja hubby, selamat belajar anak-anak mami. Sekarang mami mau me time dulu. (Methik i kangkung karo kanca-kancane, masak sayur asem) 😉😉

image

 

Bekal mereka bertiga hari ini. Besok apa yaaa🤔🤔 (Mikir).