Tips Berkemah Bersama Anak-anak

Holla. Hawa weekend nih -mata berbinar bayangin besok bangun siang- boleh dong besok kita ber-short getaway habisin receh di akhir bulan, hihihi. Tujuannya boleh dimana saja asal dekat, sabtu berangkat dan minggu sore udah sampe rumah.

Libur sekolah kemarin, saya dan keluarga berkemah di Bumi Perkemahan Kakek Bodo, Pasuruan Jawa Timur. Cerita lengkapnya silahkan meluncur ke sini Singkatnya beberapa teman menanyakan bagaimana seru dan tantangannya berkemah dengan anak-anak setelah melihat feed IG saya.

20180623_074312 (2).jpg

Saya jadi punya ide untuk berbagi beberapa tips berkemah bersama anak-anak. Berikut beberapa tips dari saya :

  1. Sehat dan Bugar
    First of all
    , pastikan semua anggota keluarga peserta kemah dalam kondisi sehat dan sixpack.
  2. Daftar Barang Bawaan
    Saya terbiasa membuat list barang bawaan saat akan bepergian dengan keluarga. Jadi tanpa terkecuali saat berkemah kemarin. Supaya terorganisir dan tidak ada bawaan yang terlewat. Ga perlu bawa perasaan ya apalagi perasaaan yang dulu pernah ada. Buset, ini tips kemping apa tips move on sih.
  3. Bawa Baju Hangat
    Ingatlah membawa baju hangat: selimut, jaket, kaos kaki. Puncak penurunan suhu biasanya terjadi menjelang shubuh atau lewat tengah malam. Kabut akan turun dan akan sangat terasa dingin. Terkadang lebih dingin dari tatapan ibu kos saat kita belum bayar kosan.
  4. Payung dan Jas Hujan
    Saat kabut turun bisa jadi gerimis juga datang -walo tak diundang- membawa payung dan jas hujan bisa jadi akan bermanfaat.
  5. Senter dan atau alat penerangan lain
    Karena saat matahari sepenuhnya terbenam situasi akan gelap gulita. Dan sebaiknya setiap orang membawa masing-masing, termasuk anak-anak. Buatlah api unggun selain untuk penerangan berguna juga untuk membantu menghalau hawa dingin. Selain itu rasanya kurang sah, kemping tanpa api unggun. Hehehe.
  6. Obat-obatan
    P3K wajib kami yaitu minyak kayu putih, minyak ban leng, panadol, diatabs dan bodrexin –mudah-mudahan di endorse produsen minyak kayu putih hahaha– Bisa ditambah dengan lotion penghalau nyamuk. Tapi pengalaman kami kemarin tidak ada issue gigitan nyamuk yang ada adalah gigitan hawa dingin.
  7. Bahan Makanan
    Mengajak anak-anak untuk menyiapkan/memasak makanan saat berkemah bisa jadi aktifitas yang menyenangkan. Saran saya bawa bahan makanan yang cukup dan mudah dimasak. Saya bawa mie instan cup, sosis, roti tawar, butter dan telur serta cemilan favorit anak-anak. Kemarin saya juga membawa nasi putih dan alhamdulilah tahan (tidak basi) sampai waktu makan pagi keesokan harinya. Next kemping udah kepikiran bawa bakso segala hahaha.
  8. Peralatan Masak
    Bawa alat memasak sederhana untuk merebus dan menggoreng.
  9. Tempat 
    Pilih bumi perkemahan yang tidak terlalu jauh dari kota tempat tinggal kita, agar tidak habis waktu di perjalanan, sehingga sampai tempat, anak-anak masih semangat untuk mengenal lingkungan sekitarnya.
  10. Tiba Sebelum Gelap
    Usahakan sampai di bumi perkemahan sebelum gelap. Apa sebab? Pengalaman saya, ini membantu anak-anak lebih mudah beradaptasi dengan sekitar. Setelah selesai mendirikan tenda dan setting ini itu, anak-anak bisa bermain mengeksplore sekitar, menghapalkan jalan menuju toilet, mengingat pohon mana yang akarnya berpotensi membuat langkah tersandung, daerah mana yang bahaya, tempat mata air dsb. Dan saat matahari tenggelam dan situasi berubah gelap mereka tidak takut, atau paling tidak meminimalkan perasaan takut karena gelap.
  11. Jangan terlalu lama
    Berkemah dengan anak-anak apalagi untuk kali pertama sebaiknya jangan terlalu lama. Semalam cukup. Tiba sore hari dan pulang sebelum siang keesokan harinya.

Sekian tipsnya, So parents, no ragu-ragu ajak anak-anak berkemah ya. Selain variasi liburan, berinteraksi dengan alam memiliki manfaat dalam tumbuh kembang anak-anak. Keterampilan mendirikan tenda, membuat api unggun, kerjasama tim itu adalah contoh skill yang sangat bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Happy Camping

 

–Ta–

 

Take nothing but pictures, leave nothing but footprints, kill nothing but time.”
-Aliyyah Eniath

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s