Adakah Kategori dari Bentuk Kecerdasan Manusia?

Image result for otak yang mengatur kecerdasan manusia

Posting ini terinspirasi dari artikel di salah satu majalah anak-anak semasa kecil saya dulu. Yup Bobo. Anak yang lahir tahun 80an pasti tau banget yak. Kangen banget masa-masa itu. Setiap bapak tukang koran anter terbitan baru saya pasti mojok di sudut ruang kamar. Membaca sambil nyemilin kerupuk atau jajanan. Oh indahnya masa kanak-kanak. Ga kepikiran jarum timbangan buuu. Hahaha

Kunjungi versi digitalnya ya di bobo.id . Artikel-artikelnya bermanfaat sekali. tidak hanya untuk anak-anak. Untuk orang tua juga, misalnya kemarin saat kakak bertanya “Mami, kenapa ada banyak kerikil di sekitar rel kereta api”? Dan saya bisa ngejelasin karena sebelumnya sudah baca di twit nya bobo. Hehehe. “Thanks ya Bo”. Kalian follow juga ya twitter nya Bobo . Biar pinter kaya saya. Hahaha. Seru lah itung-itung nostalgia masa imut. Saya juga suka ikut jawab  klo pas Bobo nge-twit #kuisiseng.

Beberapa hari lalu saya baca twit nya Bobo mengenai macam-macam kecerdasan. Ilmu banget ini buat saya. Punya dua anak yang bertolak belakang banget personality dan kegemarannya. Perlu pendekatan dan perlakuan yang berbeda pula pastinya. Nah setelah baca artikel ini saya jadi punya ilmu tambahan nih gimana ‘membaca’ si kakak dan si adek. Supaya lebih bisa memahami mereka. Karena  saya yakin seyakin-yakinnya manusia lahir dengan keistimewaan berbeda. Iya apa iya?

Kepoin yuk apa sajakah jenis kecerdasan itu. Profesor Howard Gardener, seorang pakar pendidikan dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, mengatakan bahwa ada 8 jenis kecerdasan menurut Teori Multiple Intelligences.

  1. Kecerdasan Kinetik (Body Smart) Kecerdasan ini berkaitan dengan tubuh kita. Orang dengan kecerdasan kinetik biasanya aktif, serta bisa menggunakan tubuhnya dengan baik dan terampil. Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya jago dalam olahraga atau menari.
  2. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart) Sesuai dengan namanya, kecerdasan ini berkaitan dengan alam. Orang dengankecerdasan naturalis biasanya cukup peduli dengan hewan dan tumbuhan. Jika teman-teman melihat ada orang yang dekat dengan binatang atau selalu berhasil saat menanam tumbuhan, bisa jadi orang itu memiliki kecerdasan naturalis.

  3. Kecerdasan Linguistik (Word Smart) Kecerdasan ini berkaitan dengan bahasa, baik secara lisan ataupun tulisan. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik biasanya sangat senang membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, dan tentunya bisa mengeja dengan baik. Jadi tak heran kalau orang dengan kemampuan ini bisa menggunakan bahasa dengan baik dan benar.
  4. Kecerdasan Logika atau Matematis (Number Smart) Kecerdasan yang satu ini berkaitan dengan angka. Jadi, orang dengan kecerdasan ini pasti menyukai angka. Selain itu, orang dengan kecerdasan logika biasanya suka mencari jalan keluar yang logis (masuk akal) dalam memecahkan masalah. Jadi, jangan heran kalau mereka bisa menyusun segala sesuatu dengan sangat rinci.
  5. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart) Kecerdasan ini berkaitan dengan diri sendiri. Jadi, orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya bisa mengetahui segala sesuatu yang ada di dalam dirinya dengan baik, seperti kekurangan dan kelebihannya. Orang dengan kelebihan ini biasanya sudah tahu apa yang ingin mereka capai ketika sudah besar nanti. Namun, mereka biasanya lebih banyak melakukan segala sesuatu sendirian, mulai dari memecahkan masalah hingga bermain.
  6. Kecerdasan Interpersonal (People Smart) Kecerdasan interpersonal ini agak berlawanan dengan kecerdasan intrapersonal. Orang dengan kecerdasan ini biasanya bisa mengerti dan mengamati perasaan orang lain dengan baik. O iya, orang dengan kemampuan ini biasanya senang bermain dengan banyak orang dan menjadi pemimpin dalam sebuah permainan atau kelompok.
  7. Kecerdasan Spasial (Picture Smart) Kecerdasan yang satu ini berhubungan dengan gambar dan ruang. Biasanya, orang dengan kecerdasan ini bisa membayangkan sesuatu, meski sesuatu itu tidak ada di depan matanya. Jadi, jangan heran kalau orang dengan kemampuan ini akan lebih senang menggambar atau mencorat-coret, daripada menulis.
  8. Kecerdasan Musikal (Musical Smart) Untuk kecerdasan yang satu ini, sepertinya teman-teman sudah bisa melihatnya tanpa diberitahu. Orang dengan kecerdasan ini biasanya cukup peka terhadap ritme, melodi, dan timbre dari musik yang didengarnya. Jadi, tak heran kalau orang dengan kecerdasan ini bisa mengamati, membedakan, dan menikmati bentuk-bentuk musik.

Nah itu lah ke delapan bentuk kecerdasan tsb. Kalian termasuk yang mana? 🙂

 

 

–Ta–

 

Advertisements

3 thoughts on “Adakah Kategori dari Bentuk Kecerdasan Manusia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s