Cinnamon Rolls

Beberapa waktu lalu, saya mencoba membuat Cinnamon Rolls. Yaitu roti gulung dengan rasa dan aroma gula palem Selain karena hobi mengunyah ini butuh penyaluran, ada semacam rasa penasaran kala melihat saudara ‘pamer’ di sosmednya. “Kaya’nya gampil deh bikinnya”. Batin saya.

Untuk tutorialnya banyak tersedia di youtube. Tinggal kita sreg mau ngikut yang mana. Kalau saya ngikut yang ini.

Saya tidak sedang promosiin konten ini ya. Tapi Savor Easy ini memang salah satu konten baking favorit saya, tampilannya clean, informatif dan yang paling penting ga pake ngomong haha. Just do it kalau kata tagline Nike.

Jadi setelah belasan kali melihat videonya, sampailah di hari saya praktek. Pada dasarnya cinnamon rolls ini sederhana bahannya, untuk adonan roti kita butuh tepung terigu (saya pakai protein sedang), gula pasir, ragi instan (saya pake fermipan), susu cair (ini bisa diganti air biasa), margarin/butter (saya margarin), dan telur.

Sedangkan untuk spread atau olesannya sebelum digulung kita butuh bahan antara lain brown sugar atau gula palem, margarin/butter, dan tentu saja bubuk kayu manis atau cinnamon powder.

Cara membuatnya pun tak kalah simpel dengan bahan-bahannya. Adonannya seperti adonan roti pada umumnya tipsnya usahakan kalis supaya lentur sehingga enak menggulungnya. Setelah adonan digilas tipis, oleskan bahan olesan keseluruh permukaan, lalu gulung. Potong-potong, tata diloyang dan siap dipanggang di oven. Nah, ada tips untuk memotong gulungan adonan alih-alih dengan pisau, gunakan dental floss atau benang. Membuat bentuknya tetap bundar, bagus tidak mleyot. Saya? Pakai pisau. Hahaha.

Kemudian panggang di oven. Saya pakai oven tangkring alias oven kompor, butuh waktu sekitar 30 menit memanggang dengan api sedang cenderung kecil hingga sampai pada kematangan yang saya inginkan. Ini patokan saya ya, bisa jadi berbeda dengan kalian.

Nah, ada cerita sedikit, karena lupa membeli gula palem, dan terlalu mager untuk beranjak ke tobaku *hehe akhirnya saya pakai gula putih saja untuk campuran spreadnya. Buat kalian yang belum pernah mencicip dan membuat, cinnamon rolls ini tergolong roti manis (banget, menurut saya) jadi kalau tidak suka terlalu manis kurangi saja takaran gulanya pada campuran spread.

Nah, selain patokan waktu panggang, kita bisa menggunakan indera penciuman untuk mengetahui kapan roti matang. Yup, baunya akan semerbak mewangi kala adonan sudah mendekati matang. Cek saja. Setelah itu keluarkan dari oven. Kita bisa oles dengan butter selagi panas. Atau kalau mau kekinian bisa kasih frosting. Favorit saya tanpa frosting dan di makan hangat dengan teman secangkir coffee latte less sugar.

Tertarik mencoba? Kuy mumpung weekend.

the best cinnamon rolls in a baking pan